Tukang baja ringan semarang

Tukang baja ringan Semarang – Baja ringan merupakan salah satu jenis material yang memiliki kualitas tinggi dan memiliki sifat tipis dan ringan. Meskipun begitu atap baja ringan mempunyai kekuatan yang tidak kalah dibandingkan dengan material lain.  Baja ringan juga ada dalam beberapa jenis yang dikategorikan berdasarkan tensile strength atau nilai tegangan tariknya. Kemampuan tensile strength tersebut biasanya didasarkan pada fungsi akhir material itu sendiri.

Karena memiliki tingkat kualitas baik serta nilai tegangan tariknya yang cukup tinggi, tidak heran jika material  ini menjadi lebih ringan dan tipis dibandingkan dengan material lainnya. Walaupun jauh lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan baja konvensional, namun nilai tegangan tariknya cukup besar dengan kekuatan mencapai 550 Mpa (Mega Pascal). Maka tidak heran jika material ini dijadikan andalan oleh beberapa tukang baja ringan Semarang untuk menopang beban atau berat dari struktur bangunan. Jika digunakan sebagai penutup atap atau fungsi non structural maka menggunakan baja ringan kualitas G300.

Ketebalan bahan ini cukup bervariasi, dipasaran sendiri umumnya memiliki ketebalan yang berkisar antara 0,20 hingga 2,00 mm. Beragam ketebalan tersebut juga ditentukan dari fungsi bahan itu sendiri, sebarapa besar ukuran dari bentang baja dan besar beban yang akan ditopang itu sendiri. Ketebalan yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis baja konvensional ini memiliki tujuan untuk mengurangi beban dari strukutur bangunan tersebut.

Kuda-kuda dari bahan yang satu ini memiliki ketebalan yang berkisar antara 0,45 hingga 1,00 mm. Berbeda jika dengan kolom yang berfungsi untuk menopang beban yang jauh lebih besar lagi, biasanya memiliki ketebalan antara 1,00 hingga 2,00 mm. Sedangkan ketebalan yang digunakan untuk genteng metal adalah 0,20 mm, hal tersebut karena kuda-kuda baja ringan tidak digunakan untuk memikul beban, sehingga ketebalan tersebut sudah mencukupi atau memadai.

Baja sendiri tersusun dari karbon dan besi (C dan Fe). Dan jika apabila kedua unsur kimia tersebut bercampur dengan udara dan air, maka akan muncul reaksi yang kemudian mendorong terjadinya pembentukan karat, sehingga bahan ini memerlukan lapisan antikarat. Penggunaan lapisan antikarat ini sangat penting karena berguna untuk menjaga material menjadi lebih awet dan tahan lama.

Alasan Memilih Rangka Baja Ringan

Tukang baja ringan Semarang

Penggunaan dari material  ini sebenarnya hal yang belum lama di Indonesia, beberapa developer menggunakan jenis  rangka atap ini dari hasil adaptasi metode dari Jepang. Sehingga masyarakat Indonesia sendiri belum familiar dengan penggunaan rangka atap jenis baja ringan. Akibatnya cukup banyak masyarakat kita yang masih enggan untuk menggunakan rangka dengan bahan yang satu  ini sebagai rangka atap rumahnya, padahal jika melihat Indonesia sebagai wilayah rawan gempa, rangka baja ringan ini sangat cocok dipergunakan di negara kita.

Nah, jika Anda termasuk orang yang belum mengetahui mengenai kelebihan dari rangka atap jenis baja ringan ini jika dibandingkan dengan penggunaan rangka kayu, maka kami sarankan untuk meneruskan membaca artikel ini hingga selesai. Karena akan banyak informasi yang kami berikan pada Anda mengenai rangka baja ringan. Berikut alasan yang membuat Anda harus menggunakan rangka atap dari baja ringan :

  1. Rangka ini jauh lebih awet dibandingkan dengan rangka kayu karena tidak akan dimakan rayap.
  2. Mempercepat durasi dari waktu pengerjaan proyek bangunan.
  3. Struktur dari bahan ini tentunya jauh lebih ringan dibandingkan jika Anda menggunakan kayu untuk rangka atap Anda.
  4. Rangka atap jenis ini jauh lebih hemat biaya.
  5. Rangka ini mempunyai material atau struktur yang dapat disesuaikan dengan keadaan atau kondisi geografis sebuah daerah.
  6. Sebagai salah satu cara untuk menjaga lingkungan, karena sudah mengurangi penggunaan kayu yang bersumber dari penebangan pohon.

Tips Mencari Rangka Atap Baja Ringan

Dari Tukang baja ringan Semarang

Setelah mengetahui beberapa alasan untuk memilih rangka atap dengan menggunakan jenis bahan ini. Tukang baja ringan Semarang juga akan memberikan tips dalam mencari dan menentukan material atau bahan  yang akan Anda gunakan, yakni sebagai berikut :

–       Dengan melihat terlebih dahulu merk dari baja ringan tersebut. Apakah dari pabrik yang sudah memiliki nama (berkualitas) atau tidak. Karena merk juga akan berpengaruh pada kualitas rangka baja ringan itu sendiri.

–       Dengan memegang bahan tersebut, tentukan tingkat kelenturannya. Material dengan kualitas baik memiliki tingkat kelenturan yang tidak terlalu lentur dan tidak terlalu keras atau tingkat kelenturan sedang.

–       Dengan melihat ketebalan bahan tersebut. Ketebalan standar untuk atap rumah adalah  sebesar 0.75 mm. Selain itu Anda juga dapat melihatnya dari setiap batang dai bahan tersebut terdapat cap SNI serta cap tanggal dibuatnya, hindari untuk membeli rangka besi ringan tanpa cap. Tukang baja ringan Semarang menjual rangka baja ringan dengan cap SNI tersebut.

–       Menanyakan mengenai jenis bahan, hal tersebut karena material ini terdiri dari 2 jenis yakni Zincalume dan Galvanize.

Untuk baja ringan lebih bagus jika Anda menggunakan jenis zincalume, karena komposisi yang dimiliki berada pada tingkatan terbaik yakni dengan campuran 1,5% silicon, 43.5% zinc dan 55% alumunium.

–       Tanyakan mengenai jarak kuda-kuda yang nantinya akan terpasang. Standar maksimal jarak kuda-kuda adalah 120 cm, sehingga usahakan agar tidak lebih dari jarak maksimal tersebut. Lebih rapat jarak kuda-kuda akan lebih baik.

–       Tanyakan mengenai jarak web (kaki-kaki yang akan menopang kuda-kuda tersebut). Jarak maksimalnya sebesar 150 cm. Hal ini perlu Anda perhatikan karena jarak web akan berpengarung langsung terhadap kekuatan kuda-kuda.

Sekian tips memilih dan mengapa atap dengan bahan ini banyak digunakan, dan jika anda sedang mencari jasa pemasangan atau tukang baja ringan anda bisa menghubungi saya :

Tukang baja ringan Semarang

081325697541 | 085641029372

email: wagino@ajijayagypsum.com

 

 

 

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *