Konstruksi Atap Baja Ringan

Konstruksi atap baja ringan adalah salah satu solusi yang dapat dikatakan sangat tepat bagi Anda yang tidak ingin menggunakan atap rumah konvensional dengan material kayu. Inovasi ini merupakan terobosan baru dari teknologi baja yang di kembangkan pada saat ini. Sehingga pilihan material untuk atap rumah pun kini sudah beragam.

Konstruksi Atap Baja Ringan

Teknologi baja yang di kembangkan tersebut menghasilkan material baja ringan. Dikatakan sebagai baja ringan karena dimensinya yang cenderung tipis namun memiliki kekuatan yang sama seperti material baja pada umumnya. Itulah yang membuat konstruksi baja ringan kini semakin banyak diminati oleh kalangan masyarakat luas.

Harga Rangka Atap Baja Ringan Per Meter

Tentu saja jika di bandingkan dengan konstruksi atap konvensional yang menggunakan material kayu, konstruksi atap yang menggunakan material baja ringan memiliki lebih banyak kelebihan. Selain itu, biaya pemasangan konstruksi atap baja ringan pun dapat dikatakan relatif lebih murah jika di bandingkan dengan konstruksi atap konvensional.

Akan tetapi pemasangan konstruksi atap baja ringan ini akan membutuhkan jasa khusus yang ahli di bidangnya. Pasalnya, proses pemasangan konstruksi atap baja ringan berbeda dengan pemasangan konstruksi atap konvensional. Pemasangan konstruksi atap baja ringan memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui mulai dari :

  • Persiapan Kerja – Menyiapkan gambar draf dan rencana pemasangan bagian atap maupun kuda-kuda, memeriksa peralatan kerja, hingga persiapan peralatan keselamatan kerja.
  • Leveling dan Marking – Mengatur permukaan pada ring balok, memastikan dan memeriksa rangka dasar ring balok, mengukur jarak pada kuda-kuda, dan memberikan tanda untuk meletakan posisi kuda-kuda.
  • Instalasi Kuda-Kuda Proses pemasangan kuda-kuda atap.
  • Pemasangan Atap – Proses instalasi akhir dalam konstruksi yakni memasang atap atau genteng baja ringan.

Harga Rangka Atap Baja Ringan Per Meter

Itulah sederetan proses yang harus dilewati ketika akan menggunakan konstruksi atap baja ringan dan genteng dengan material baja ringan. Lalu, besarkah biaya pemasangan konstruksi atap baja ringan tersebut? Berapa kisaran biaya yang dibutuhkan untuk memasang atap modern tersebut? Berikut ini adalah estimasi kasar atau kisaran harga rangka atap baja ringan per meter.

  1. Rangka Atap plus Rencana Atap Genteng Metal = Rp. 120.000 / M2
  2. Rangka Atap plus Rencana Atap Genteng Keramik (tanah liat) = Rp. 125.000 / M2
  3. Rangka Atap plus Genteng Metal = Rp. 185.000 / M2

Dengan estimasi kisaran harga tersebut, maka Anda hanya tinggal menghitung sendiri luas atap yang di inginkan menggunakan konstruksi baja ringan. Kisaran harga di atas tersedia untuk konstruksi rangka atap yang menggunakan genteng keramik ataupun genteng berbahan metal. Sehingga Anda dapat mengatur sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai konstruksi atap baja ringan dan kisaran harga per meternya yang telah kita ketahui bersama. Semoga informasi seputar dunia arsitektur di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *