Kelebihan dan Kekurangan Aluminium sebagai Bahan Material Bangunan

Kelebihan dan Kekurangan Aluminium sebagai Bahan Material Bangunan – Material aluminium sudah tidak asing lagi digunakan sebagai salah satu bahan pendukung mendirikan sebuah bangun. Material ini sering kali terlihat digunakan sebagai kusen jendela ataupun pintu yang biasanya menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Pemilihan bahan material aluminium untuk bangunan adalah dengan berbagai alasan.

Pemilihan bahan material aluminium juga tidak lepas dari pertimbangan mengenai kelebihan dan kekuranan aluminium tersebut apabila diaplikasikan pada sebuah bangunan. Bahan aluminium memiliki cukup banyak kelebihan selain dari desain produk yang modern. Walaupun demikian bahan bangunan aluminium juga tidak lepas dari kekurangan dari berbagai sudut pandang penggunaannya.

Mencermati Kelebihan dan Kekurangan Aluminium sebagai Material Bangunan

 

Ketika memilih sebuah bahan atau material bangunan, apalagi akan difungsikan untuk jangka yang relative lama, beberapa unsur harus diperhatikan oleh semua pihak yang bergelut didunia konstruksi. Bahan yang sekarang ini sering sekali dipilih adalah bahan aluminium. Material aluminium seringkali digunakan untuk kepentingan pembentukan kerangka/ frame/ kusen di bagian pintu atau jendela.

Material bangunan ini paling banyak digunakan pada gedung perkantoran, ruko (rumah toko), rumah hunian pribadi, dan jenis bangunan lainnya. Penjabaran berikut ini mungkin bisa membantu siapa saja yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan aluminium apabila digunakan pada bangunan.

Kelebihan Menggunakan Bahan Aluminium pada Bangunan

Secara singkat ada cukup banyak keuntungan ketika menggunakan bahan aluminium pada bangunan khususnya untuk kusen jendela dan pintu. Diantaranya adalah;

  • Kusen berbahan aluminium merupakan produk pabrik, artinya bahan ini sangat mudah ditemukan hampir disemua penyedia perlengkapan bangunan. Dengan demikian jaminan ketersedian bahan bisa dipastikan dari pada material lainnya.
  • Pertimbangan memilih bahan aluminium adalah bahan ini tidak mudah keropos, tidak mudah memuai akibat perubahan temperature ruang ataupun cuaca. Dengan kata lain bahan aluminium awet dan tahan dalam jangka waktu yang lama.
  • Kelebihan material aluminium ialah harga yang ditawarkan dipasaran jauh lebih murah dibandingkan bahan lainnya, misalnya bahan kayu. Walupun harga relative lebih murah, bukan berarti aluminium berkualitas buruk. Terbukti sudah banyak bangunan yang menggunakan bahan aluminium sebagai frame jendela atau pintu. Bahkan hamper seluruh frame ruangan mmenggunakan kusen aluminium.
  • Dalam segi perawatan, bahan kusen aluminium sangat minim. Walupun sering di bersihkan menggunakan air dan pembersih lainnya, warna pada bahan ini tidak mudah luntur.
  • Designnya sederhana serta modern sehingga sangat cocok di padupadankan pada bangunan yang juga bergaya modern. Selain itu, bahan aluminium lebih ringan dari bahan bangunan lainnya yang biasa digunakan sebagai kusen.

Kekurangan menggunakan bahan Aluminium pada bangunan

Membicarakan tentang kelebihan dan kekurangan aluminium pada bangunan merupakan hal yang wajar. Selain sebagai informasi penting, pengetahuan tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi masalah yang nantinya akan di timbulkan. Walupun begitu banyak kelebihan bahan aluminium sebagai bahan bangunan, material bangunan ini juga tidak lepas dari beberapa kekurangan yang harus diantisipasi. Untuk mengantisipasi kekurangan tersebut perlunya pengetahuan mengenai kelemahan apa saja yang dimiliki.

  • Proses pemasangan kusen aluminium biasa lebih ribet dibandingkan pemasangan kusen berbahan Pemasangan kusen aluminium juga harus rapi dan presisi. Apabila terjadi ketidak-seimbangan pemasangan bias saja berakibat fatal seperti kebocoran akibat rembesan air hujan dan lain sebagainya.
  • Beberapa jenis aluminium apalagi apabila kualitasnya buruk sangat rentan terhadap benturan dan goresan. Akibatnya permukaan tidak rata akan terlihat pada kusen aluminium.
  • Untuk variasi bentuk, kusen aluminium sangat minim karena pola standar bentuk dari pabrik yang mementingkan kemasan minimalis. Maka tidak jarang bentuk dari kusen yang menggunakan aluminium hanya begitu-begitu saja, tidak banyak variasi.
  • Harus teliti dalam pemilihan aluminium sebagai kusen karena beberapa produk kusen kualitasnya tidak cukup menunjang sesuai dengan fungsinya.

Bahan bangunan aluminium juga memiliki standar kualitas.Untuk itu sangat penting kiranya mengetahui apas aja kelebihan dan kekurangan aluminium sebagai bahan bangunan agar tidak terjadi kesalahan kedepannya.

Informasi mengenai kelebihan dan kekurangan aluminium menjadi pendukung sebuah bangunan diatas semoga saja bias menjadi pegangan dalam menentukan kualitas dari material aluminium yang diinginkan.

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *