Jenis Genteng

Ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu berbagai jenis genteng yang ada pada saat ini sebelum akhirnya memilih dan menggunakannya. Memilih material berkualitas untuk sebuah bangunan rumah tentu bukanlah merupakan hal yang mudah dilakukan. Terlebih di era modern seperti sekarang ini.

Jenis Genteng

Dimana sudah semakin banyak material bahan bangunan yang dapat digunakan ketika akan membangun sebuah rumah. Sebut saja salah satunya seperti genteng untuk atap rumah. Hingga saat ini, sedikitnya terdapat 7 macam atau jenis genteng untuk rumah. Masing-masing jenis genteng tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Selain itu, jenis genteng-genteng tersebut juga dibuat dengan material yang berbeda-beda. Tentunya bentuk dan desain dari genteng itu sendiri pun berbeda-beda dan tidaklah sama. Semua jenis genteng tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa jenis genteng yang dapat kita ketahui bersama.

Genteng Keramik

Genteng pertama ini adalah jenis genteng yang menggunakan material keramik. Tidak berbeda jauh dengan keramik lantai, jenis genteng ini juga melalui tahapan finishing dengan lapisan glazuur. Sehingga jenis genteng ini memiliki pilihan warna yang sangat beragam. Jenis genteng keramik dapat bertumpu pada konstruksi atap bermaterial beton atau kayu.

Genteng Beton

Berbeda dengan jenis genteng pertama tadi, jenis genteng beton ini mungkin dapat dikatakan sebagai jenis genteng yang paling kuno. Genteng ini dibuat dari campuran semen, pasir, agregat, serta bahan aditif yang kemudian dicetak menggunakan mesin pres hidrolik. Namun karena bobotnya yang berat, genteng ini membutuhkan tumpuan konstruksi atap denga rangka kayu yang besar dan kokoh.

Genteng Tanah

Jenis genteng tanah atau tanah liat ini mungkin dapat dikatakan sebagai jenis genteng yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Bahan utamanya yakni tanah liat yang kemudian dicetak, di press, dan dibakar hingga kering dan keras. Jenis genteng ini dapat bertumpu pada konstuksi atap yang menggunakan material seperti kayu dan baja ringan.

Genteng Metal

Berbeda dari ketiga jenis genteng sebelumnya, jenis genteng metal dapat dikatakan sebagai jenis genteng yang paling modern. Jenis genteng ini dibuat dengan material yang mirip dengan seng lembaran. Genteng metal juga memiliki lebih banyak pilihan karena lebih mudah di cat serta lebih tahan lama karena tidak akan pecah, rusak, dan lapuk.

Selain empat jenis genteng di atas, masih ada juga jenis genteng lainnya seperti genteng aspal, genteng sirap, genteng policarbonay, hingga genteng asbes. Semua jenis genteng yang ada tersebut dapat dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan dari para penggunanya.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beberapa jenis genteng yang mungkin dapat dikatakan paling banyak digunakan. Semoga informasi seputar dunia arsitektur di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *