Jasa Pemasangan Gypsum Plafon untuk Mempercantik Bangunan

Jasa pemasangan gypsum plafon sekarang ini sudah sangat marak mengingat kepopuleran dari gypsum plafon itu sendiri. Bagi anda yang ingin memasang plafon pada rumah anda, tentunya anda patut memperhitungkan gypsum plafon ini. Ingin lebih tahu mengenai gypsum plafon? Simak ulasannya beikut ini.

Apa itu Gypsum Plafon?

Seperti yang kita ketahui bahwa plafon merupakan struktur bagian yang penting dari suatu konstruksi bangunan. Plafon merupakan bagian dari bangunan yang berfungsi sebagai langit-langit bangunan itu sendiri. Pada dasarnya plafon ini dibuat untuk mencegah cuaca panas atau dingin agar tidak langsung masuk kedalam bangunan tersebut setelah melewati atap. Nah, sekarang ini pemasangan plafon pada rumah juga diutujukkan untuk nilai estetika. Bagi anda yang menyukai interior, maka penggunaan gypsum plafon ini merupakan salah satu solusinya.

Rangka dari gypsum plafon ini padadasarnyadapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu rangka yang menggunakan kayu dan rangka yang menggunakan metal.Namun ternyata penggunaan rangka yang menggunakan kayu sudah semakin jarang karena day atahannya yang kurang. Oleh sebab itu kebanyakan sekarang ini gysump plafon yang digunakan adalah yang menggunakan metal seperti besi hollow tau metal furing.

Rangka gypsum plafon dari metal fruing atau hollow ini umumnya menggunakan sistem suspended ceiling. Sistem suspended ceiling ini menghasilkan kisi-kisi dari metal yang digantung di bawah atap atau beton dengan menggunakan rangkaian kawat.

Selanjutnya kisi-kisi ini nantinya ditutup dengan menggunakan papan gypsum. Nah untuk sistem suspended ceiling ini terbagi menjadi 2 macam yaitu exposed grid yang mana menonjolkan kisi-kisi rangka plafon, dan concealed grid yang menghasilkan penampilan yang mulus dan bersih.

Kelebihan

Gypsum plafon ini tentunya memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan plafon dari bahan lain. Kelebihan dari gypsum plafon ini antara lain:

1. Dari segi estetika, tentunya gypsum plafon ini juaranya. Jadi bagi anda yang ingin rumahnya tampil cantik, gypsum plafon ini akan memperindah rumah anda tentunya dengan berbagai macam desain yang dapat digunakan pada gypsum plafon.

Selain itu juga terdapat banyak pilihan aksesoris atau hiasan untuk gypsum plafon ini. Misalnya anda dapat menambahkan hiasan pada bagian tegah atau sudut. Lalu anda juga dapat menambahkan hiasan dalam bentuk tulisan seperti kaligrafi. Dengan begitu tampilan rumah anda akan indah dan menarik.

2. Material dari gypsum plafon ini juga tidak mudah terbakar, loh! Jadi anda tetap dapat menggunakan material dari gypsum ini untuk plafon anda pada bagian ruangan dapur atau juga garasi.
3. Jika terjadi kerusakan, maka gypsum plafon ini akan sangat mudah untuk diperbaiki. Jika ada yang rusak, anda tidak perlu mengganti seluruh lembaran plafon.

Cukup dengan memperbaiki bagian yang rusak dengan sistem dempul menggunakan kompon atau plester. Selain itu perawatannya juga mudah, loh!

4. Gypsum plafon ini termasuk ringan dibandingkan dengan bahan lainnya, seperti contoh tripleks yang tentunya lebih berat.
5. Gypsum plafon ini juga menghasilkan plafon yang rata, licin, dan mulus sehingga tidak tampak sambungan. Dengan begitu tampilan dari plafon rumah anda akan menyegarkan. Gaya ini tentu cocok sekali bagi anda yang ingin memiliki rumah minimalis.
6. Proses pemasangan gypsum plafon ini terbilang cepat dan mudah, tidak seperti plafon bahan lainnya seperti triplek.
7. Gypsum plafon ini juga sangat mudah ditemui sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi mencarinya.

Kekurangan

Disamping kelebihan yang dimiliki ternyata gypsum plafon ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari gypsum plafon ini yaitu tidak tahan air. Yup, gypsum plafon ini rupanya mudah rusak jika terkena rembesan air dari atap. Jika terkena rembesan air tersebut maka akan meninggalkan noda bercak pada permukaan gypsum plafon tersebut bahkan dapat menghancurkannya.

Oleh sebab itu penggunaan gypsum plafon ini memang harus didahului dengan konstruksi atap yang kokoh sehingga tidak mudah bocor atau dimasuki air hujan. Selain itu juga meskipun pemasangannya cepat, namun membutuhkan ahli untuk memasangnya agar terlihat rapi. Oleh sebab itu anda mungkin dapat menggunakan jasa pemasangan gypsum plafon yang tersedia karena pemasangan gypsum plafon ini tidak bisa dikerjakan oleh tukang bangunan biasa, ya!

Tips Pemasangan

Sebelum anda mengerjakan gypsum plafon ini, tentunya seluruh bagian pekerjaan pada bagian atas plafon harus sudah selesai dikerjakan. Jadi selanjutnya anda bias langsung ketahap pemasangan gypsum plafon. Tentunya dengan kekurangan yang dimiliki gypsum plafon ini yang tak lain adalah tidak tahan terhadap air, maka anda harus dapat memastikan bahwa atap anda tidak mudah bocor.

Selain itu anda juga harus bisa memilih gypsum plafon yang baik untuk bagian atas bangungan. Gypsum plafon yang dapat anda gunakan untuk menghindari rembesan air hujan ini adalah gypsum plafon yang memiliki kandungan water resistant. Kandungan water resistant ini merupakan lapisan material yang tahan air.Oleh sebab itu harganya juga akan jauh lebih mahal dari jenis gypsum plafon yang biasa.

Nah, dengan begitu jenis gypsum plafon yang memiliki kandungan water resistant ini sangat baik digunakan untuk kamar mandi. Untuk pemasangan gypsum plafon yang menggunakan sistem suspended ceiling maka kawat penggantung atau rod hanger dan besi bracket atau angle clip adalah aksesoris yang paling umum digunakan. Nah, untuk angle clip tersebut dipasang pada dak beton dengan jarak 120 cm x 120 cm.

Selanjutnya ujung kawat atas rod hanger digantungkan pada angle clip. Selain bracket dan rod hanger, penggantung plafon juga dapat menggunakan besi siku yang mana sudah berfungsi sebagai kawat penggantung dan pada ujungnya dilipat agar dapat berfungsi sebagai bracket.

Harga

Untuk jasa pemasangan gypsum plafon ini tentunya memiliki bebapa variasai harga. Pada umumnya pemasangan harga dari gypsum plafon ini dihitung per meter perseginya. Kisaran harga untuk gypsum plafon rangka hollow adalah mulai dari Rp95.000,00/m2 hingga Rp 1250.000,00/m2.

Tentunya ini juga didasarkan dari berbagai merek gypsum plafon itu sendiri seperti Jayaboard, Elephant, dan Knauf. Dan untuk rangka hollownya tersebut juga bermacam-macam, seperti rangka hollow meni dan galvanis atau galvaum. Untuk pemasangan partisi gypsum satu sisi dibandrol mulai dari harga Rp 90.000,00/m2 hingga Rp 125.000,00/m2.

Untuk harga pemasangan partsisi gypsum 2 sisi adalah mulai dari Rp 155.000,00/m2 sampai Rp 200.000,00/m2. Sedangkan untuk pemasangan Lis Profil Chronice dengan varian lebar mulai dari 7 cm sampai dengan 20 cm yaitu berkisar dari Rp 20.000,00/m hingga Rp 50.000,00/m.

Jika anda ingin menambahkan desain pada gypsum plafon anda, tentunya anda akan dikenai biaya tambahan untuk desain ini. Pilihan desain ini juga bervariasi mulai dari drop biasa, ceiling atau double, dan oval. Harga untuk desain gypsum plafon tersebut berkisar dari Rp.75.000,00/m hingga Rp 170.000,00/m.

Cara Membeli

Gypsum plafon ini dapat anda temukan dengan mudah. Anda dapat membelinya di toko-toko bangunan dan juga supplier dari gypsum plafon ini. Dijamin anda tidak akan kesusahan untuk mencari gypsum plafon ini. Terlebih lagi sekarang ini sudah semakin popular jadi pastinya gypsum plafon akan semakin banyak di pasaran.

Tukang Plafon Gypsum

Jasa pemasangan plafon Gypsum di Semarang

Kontak

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *