Gypsum Plafon Minimalis dan Karakteristiknya

Gypsum Plafon Minimalis dan Karakteristiknya

 

Gypsum Plafon Minimalis dan Karakteristiknya – Salah satu indikator penilaian terhadap rumah yang baik adalah bahan dan bentuk atapnya. Sejak dulu hingga sekarang, banyak bahan atap rumah atau plafon yang digunakan, seperti triplek, kayu, asbes dan gypsum. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding yang lain.

Misalkan asbes memiliki bahan yang tahan bocor, namun partikel-partikel di dalamnya sangat kurang baik bila dihirup manusia karena bisa merusak paru-paru. Lalu ada triplek yang merupakan jenis plafon paling murah di pasaran, namun sayangnya memiliki banyak kelemahan. Beberapa di antaranya adalah kurang tahan terhadap benturan dan bila bocor sangat sulit diperbaiki. Sedangkan yang saat ini banyak digunakan pada bangunan dan rumah-rumah adalah gypsum plafon minimalis. Kenapa gypsum banyak dipilih sebagai material plafon?

Karakteristik Papan Gypsum Minimalis

 

  1. Ukuran gypsum plafon, yang paling sering ditemukan di pasaran adalah 120×240 cm. Tapi, ada pula yang dimensinya lebih besar. Jika permukaan yang akan ditutup gypsum plafon minimalis lumayan besar, pembaca bisa memilih yang ukurannya lebih panjang. Hal itu untuk meminimalisir supaya garis batas yang timbul ketika finishing tidak kentara.
  2. Ketebalan gypsum plafon, yang paling umum adalah 9 mm dan 12 mm. Untuk rumah minimalis, gypsum setebal 9 mm banyak dipilih. Sementara yang 12 mm sering digunakan untuk dinding partisi. Namun, sebenarnya pembaca bisa memesan gypsum plafon minimalis dengan ukuran yang lebih tebal dari itu di pabriknya.
  3. Sudut gypsum plafon, ada yang persegi dan runcing. Sudut persegi sangat cocok difinish dengan plesteran, sedangkan sudut runcing cocok difinish expose.
  4. Sisi yang terpakai, biasanya gypsum plafon memiliki warna ivory atau abu-abu pucat di satu sisi dan sisi yang lain abu-abu gelap. Sisi yang terpasang atau menghadap ruangan adalah yang berwarna lebih gelap. Untuk memudahkan pemasangan, biasanya di sisi yang lebih gelap dipasangi logo perusahaan.

Jenis-jenis Papan Gypsum Minimalis

 

Ada bermacam-macam jenis papan gypsum, mulai dari yang tahan air, tahan api, tahan kerusakan, akustik dan berlapis kertas perak. Gypsum plafon minimalis yang tahan air diisi material waterproof di bagian intinya. Namun, plafon tetap bisa bernafas dan sirkulasi kelembaban tidak berkurang. Jenis plafon ini bisa digunakan di ruangan yang lembab, seperti rangka dasar ubin kamar mandi maupun dapur.

Gypsum plafon tahan api yang biasa dipasang di garasi, koridor ataupun anak tangga ini memang memiliki ketahanan terhadap api lebih baik dibanding papan gypsum standard. Gypsum plafon yang tahan terhadap kerusakan memiliki lapisan polystyrene yang memberi insulasi panas lebih besar dibandingkan gypsum standar, sehingga cocok dipasang di garasi.

Sementara gypsum berlapis kertas perak memiliki ketahanan terhadap uap air, sehingga cocok dijadikan plafon pada bangunan di musim dingin. Terakhir, papan gypsum jenis akustik biasa dipakai untuk plafon dan dinding apartmen karena kualitas akustiknya lebih baik di antara yang lain.

Gypsum Plafon Minimalis Untuk Rumah Anda

 

Alasan kenapa gypsum plafon minimalis banyak dicari adalah karena harganya lumayan murah, memiliki beragam motif yang bisa disesuaikan dengan keinginan pembaca dan mampu menghiasi bagian rumah, terutama ruang tamu. Dengan adanya gypsum plafon di ruang tamu, pasti tamu-tamu pembaca tidak akan mengalihkan pandangan darinya. Apalagi jika desain gypsum plafon tersebut menarik dan digantungi lampu atau kipas angin hias.

Meskipun keberadaannya membuat ruangan di rumah pembaca jauh lebih cantik dan menawan, namun ternyata gypsum plafon minimalis memiliki ketahanan yang kurang, terutama terhadap serangan air hujan secara terus menerus. Pencegahannya bisa dilakukan dengan cara mengecek atap rumah dengan teliti, ada atau tidaknya kebocoran, sebelum memasang gypsum plafon tersebut.

Kesimpulan informasi tentang gypsum plafon minimalis adalah bahwa setiap gypsum board atau papan gypsum memiliki karakteristik dan jenisnya. Karakteristik tersebut termasuk ukuran, ketebalan, sudut dan sisi yang dipasang. Sedangkan jenisnya meliputi papan gypsum yang tahan air, api, kerusakan, gypsum akustik dan berlapis kertas perak. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu pembaca dalam memilih gypsum plafon yang tepat.

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *