Beberapa Fungsi Atap Baja Ringan Untuk Rangka Suatu Bangunan

Beberapa Fungsi Atap Baja Ringan Untuk Rangka Suatu Bangunan – Atap rumah itu bak tudung yang melindungi manusia dari panas matahari dan derasnya air hujan. Dengan tudung yang kuat dan tahan terhadap segala cuaca, akan mampu melindungi manusia secara maksimal. Jadi, atap rumah dengan kriteria demikianlah yang sebenarnya dibutuhkan setiap bangunan.
Namun, selain berperan sebagai pelindung, atap rumah juga berfungsi sebagai pemercantik tampilan rumah dari atas. Sehingga, bisa dibilang atap merupakan identitas rumah itu sendiri. Maka dari itu, pembaca harus cermat memilih bahan rangka atap yang berkualitas baik dan bila dipasang akan membuat rumah terlihat lebih megah.

Bahan-bahan rangka atap rumah yang banyak terdapat di pasaran adalah kayu, PVC, polikarbonat, baja ringan dan sebagainya. Namun, pembahasan kami kali ini adalah fungsi atap baja ringan.
Konstruksi Atap Baja Ringan
Pemilik akan mudah memelihara rumah atau bangunan dengan konstruksi atap yang baik. Desain rangka yang rigid, kemampuan rangka dalam berdiri tegak dan tidak mudah ambruk diterpa angin, hujan maupun badai serta mengurangi resiko akibat guncangan gempa merupakan kriteria konstruksi atap yang baik. Dan itu semua bisa pembaca temukan dalam fungsi atap baja ringan.
Sistem rangka atap baja ringan sudah diuji dan diolah dengan bantuan software analisa struktur yang diinstall serta dipasang oleh aplikator (tidak boleh dilakukan tukang bangunan biasa). Sehingga kekuatan rangkanya akan terlihat, terutama pada material yang tidak rontok akibat serangan rayap dan tidak mengalami susut-muai akibat pergantian suhu.
Fungsi Atap Baja Ringan
Jarang ditemukannya kayu yang berkualitas baik membuat fungsinya digantikan oleh beberapa material bangunan seperti PVC, aluminium, baja konvensional dan baja ringan. PVC dan aluminium digunakan untuk membuat kusen rumah, sedangkan baja kovensional dan baja ringan digunakan sebagai rangka atap bangunan.
Saat ini baja ringan semakin populer sebagai bahan bangunan. Tidak hanya digunakan sebagai rangka atap saja, ternyata fungsi atap baja ringan juga bisa dijadikan partisi dinding. Berikut ini ulasannya:
1. Sebagai rangka atap baja ringan. Penggunaannya sebagai atap bangunan sudah banyak ditemukan. Bahkan, hampir semua perumahan real estate memanfaatkan fungsi atap baja ringan untuk kerangka tudung rumah yang dibangun. Biasanya baja ringan yang dipakai adalah jenis galvalum/zinc-alum atau galvanis. Kenapa mereka memilih baja ringan sebagai material bangunan? Karena kualitasnya sangat baik, tahan lama dan tentu saja mempercepat proses pembangunan.
2. Sebagai rangka atap pergola. Dengan menggunakan atap baja ringan untuk pergola, perawatan (terutama pengecatan) jadi berkurang. Karena seperti yang pembaca tahu, baja ringan tidak mudah berkarat dan tidak perlu dicat ulang. Sehingga, pembaca bisa menghemat biaya maintenance, deh.
3. Untuk rangka partisi dinding. Tidak seperti dulu, masyarakat mengenal rangka kayu atau rangka hollo untuk mem-partisi dinding. Sekarang, kebanyakan dari mereka memilih baja ringan, karena sanggup melibas kelemahan kedua bahan terdahulu, yakni mudah dimakan rayap dan berkarat.
4. Sebagai struktur dinding. Tak hanya menjadi rangka atap, baja ringan saat ini telah dimanfaatkan sebagai struktur bangunan, baik struktur permanen untuk bangunan satu lantai maupun dua lantai. Di Aceh, baja ringan digunakan untuk membantu pembangunan rumah korban yang terkena dampak tsunami. Pembangunannya dilakukan secara besar-besaran dengan pertimbangan cepat selesai agar bisa segera ditempati oleh para korban.
Banyaknya fungsi atap baja ringan membuat masyarakat mempertimbangkannya sebagai pengganti kayu. Nantinya, jika semua rumah menggunakan baja ringan sebagai rangka atap, mungkin sudah jarang ada penebangan liar. Dengan begitu, rencana menghijaukan kembali hutan yang gundul semakin terealisasi. Bagaimana, apakah pembaca ingin membantu pelestarian lingkungan dengan memakai alternatif bahan bangunan dari baja ringan?

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *