Apa itu Atap Baja Ringan? – Kelebihan dan Harga

Apa itu atap baja ringan?

Seperti yang kita ketahui dengan perkembangan dalam teknologi konstruksi bangunan maka konstruksi bangunan itu sendiri dapat menggunakan konstruki baja, terutama untuk atap sebuah bangunan.Baja memang pada umumnya berat, namun teknologi baru dalam konstruksi bangunan sekarang ini yaitu menggunakan baja yang kuat tetapi ringan. Baja yang digunakan dalam hal ini yaitu baja dengan jenis cold rolled coil (CRC).

Baja ringan ini memiliki sifat yang ringan dan tipis tetapi kekuatannya sama seperti baja pada umumnya. Nah, terdapat beberapa macam baja ringan baja ringan yang dikelompokkan berdasarkan tegangan tariknya ataua tensile strength.Misalnya untuk produk struktur rangka atap baja ringan menggunakan tegangan tarik yang tinggi yaitu G550 atau 550 Mpa (Mega Pascal).Lalu untuk produk home appliances menggunakan baja ringan dengan tegangan tarik yang lebih rendah, lentur, dan lunak yaitu G300 atau G250. Atau juga untuk fungsi non-structural seperti penutup atap maka yang digunakan adalah baja ringan dengan gaya tarik G300.

Jadi pada dasarnya kemampuan tegangan tarik ini didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan itu sendiri. Meskipun gaya tarik dari baja ringan ini berbeda-beda dan disesuaikan dengan fungsinya, tetapi kekuatannya tetap berkualitas baik dan kokoh, loh! untuk ketebalan dari baja ringan yaitu sekitar 0,60 sampai 1,00 mm. tentunya variasi dari ketebalan baja ringan ini ditentukan oleh fungsi, seberapa besar beban yang ditopang, dan ukurang bentang baja ringan tersebut.

Dengan ukuran ketebalan yang memang lebih kecil daripada baja konvensional ini bertujuan untuk mengurangi beban struktur bangunan. Untuk kuda-kuda baja ringan sendiri memiliki ketebalan antara 0,45 hingga 1,00 mm. sedangkan untuk kolom yang akan menopang beban yang lebih besar memiliki ketebalan sekitar 1,00 sampai 2,00 mm. Baja ringan tersusun dari besi (Fe) dan karbon (C) sehingga akan menjadi karat apabila tercampur dengan air dan udara. Oleh sebab itu sebelum dipasang maka perlu terlebih dahulu untuk melapisi anti karat.
Kelebihan atap baja ringan

Atap dari baja ringan ini tentunya memiliki kelebihan dibandingkan atap lainnya seperti kayu atau genteng biasa.Kelebihan dari atap baja ringan ini antara lain:

1. Pemasangan atap baja ringan ini lebih efisien serta menghemat waktu dan tenaga untuk pengerjaan suatu bangunan. Untuk pemasangan atap baja ringan dalam sehari bisa mencapai 25 meter persegi. Jika anda memasang untuk ukuran 100 meter persegi maka hanya dibutuhkan 4 hari saja. Bayangkan pemasangan atap dari kayu yang waktu pemasangannya bisa 2 kali lipat daripada baja ringan ini.

Bahkan untuk rumah dengan tipe 36 dapat diselesaikan dengan waktu kurang lebih seminggu. Pemasangannya yang sangat praktis tentu akan menghemat waktu dan tenaga. Untuk rangka yang sudah dipabrikasi terlebih dahulu maka proses pemasangannya akan lebih cepat karena hanya tinggal pasang saja.

2. Salah satu hal yang paling dikahwatirkan dan sering terjadi pada atap kayu terlebih jika kualitas kayu tersebut kurang baik adalah daya tahannya yang kurang karena sering keropos akobat dimakan rayap. Hal ini tentunya yang akan sangat mengganggu struktur dari bangunan itu sendiri. Sehingga anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaikinya. Namun dengan atap baja ringan ini anda tidak perlu kahwatir akan rayap yang membandel. Oleh sebab itu atap baja ringan ini akan lebih tahan lama dan awet dibandingkan dengan atap dari kayu.

3. Apabila terjadi kebakaran maka rangka dari baja ringan ini tidak bersifat membesarkan api. Tentunya hal ini berbeda dengan bahan kayu yang dapat memperbesar api sehingga akan memperparah kebakaran. Bangunan pun akan mengalami kerusakan yang parah bahkan lenyap seketika.

4. Selain itu beban atap baja ringan ini yang pasti jauh lebih ringan daripada atap yang menggunakan rangka dari kayu. Dengan begitu atap baja ringan ini sangat cocok untuk digunakan pada daerah yang rawan gempa karena bangunan tidak akan menahan beban atap yang berat.

5. Untuk proyek bangunan pastinya anda akan memikirkan biaya. Nah, beruntung sekali, atap baja ringan ini ternyata lebih hemat biaya. Anda pun akan hemat biaya terutama dari segi perawatannya karena baja ringan ini awet. Berbeda sekali dengan rangka kayu yang tentunya akan membutuhkan perawatan ekstra sehingga anda pun harus menguras isi kantong lagi.

6. Kelebihan dari atap baja ringan yang tentunya sangat dipuja adalah eco-friendly. Yup, atap baja ringan ini lebih ramah lingkungan daripada atap kayu. Bayangkan harus ada berapa banyak batang pohon yang harus ditebang dan hutan yang digunduli jika setiap rumah menggunakan rangka atap kayu? Dengan menggunakan atap dari baja ringan ini berarti anda sudah ikut berpartisipasi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Kekurangan atap baja ringan

Yang pastinya rangka atap dari baja ringan ini juga memiliki kekurangan. Bagi anda pencinta estetika atau design, mungkin dari segi ini tampilan baja ringan kurang menarik apabila diekspos. Tentunya berbeda dengan kayu yang memiliki tampilan lebih bagus.Misalnya anda yang menyukai ukiran-ukiran, tentunya hal ini tidak dapat dilakukan pada baja ringan.Selain itu pemasangan rangka dengan baja ringan ini harus memerlukan perhitungan pada struktur secara teliti dan akuran. Jika tidak maka akan berakibat fatal pada bangungan itu sendiri.

Tips instalasi atau pemasangan
Untuk pemasangan atap baja ringan ini pertama-tama anda harus memperhatikan bentuk dari atap baja ringan itu sendiri.Terdapat berbgai bentuk atau desain yang bisa anda gunakan sesuai keinginan dan kebutuhan anda.setelah itu persiapkan sketsa dari struktur atap anda. Hal ini tentunya sangan berguna untuk menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda. Untuk jarak antar kuda-kuda sendiri biasanya maksimal adalah 1,20 meter dan jarak web/ander adalah maksimal 1,20-1,50 meter.

Harga atap baja ringan

Untuk menghitung harga dari baja ringan ini maka harus dihitung secara meter persegi (m2).Rata-rata harga baja ringan adalah sekitar Rp 140.000,00 hingga Rp 300.000,00 per m2.Untuk harga pemasangan atap baja ringan ini juga disesuaikan dengan luas atap yang akan dibangun dan juga jenis material finishing dari atap yang digunakan, misalnya genteng, asbes, dan lain sebagainya. Nah, variasi dari harga baja ringan itu disebabkan oleh bahan, merek, dan tebal baja ringan yang digunakan.Selain itu juga dikarenakan tingkat kesulitan pengerjaan. Contoh perhitungan untuk instalasi dari atap baja ringan ini, yaitu pada bangungan dengan atap seluas 150 m2 dengan harga baja ringan sebesar Rp 140.000,-. Maka total biaya yang harus anda keluarkan adalah Rp 140.000,- x 150 m2 = Rp 21.000.000,-.

Cara membeli atap baja ringan

Anda dapat membeli baja ringan ini pada toko-toko konstruksi bangunan.Selain itu itu anda bisa secara khusus memesan pada supplier atau distributor atap baja ringan.Untuk pemasangannya sendiri anda dapat menghubungi jasa-jasa kontraktor pemasang atap baja ringan ini.

Nah, begitulah beberapa bahasan mengenai Pemasangan Atap Baja Ringan. Semoga dapat menjadi referensi anda!

Tukang Baja Ringan

Jasa pemasangan Atap Baja Ringan

Kontak

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *