8 Keunggulan Atap Baja Ringan Sebagai Rangka Atap Rumah

Keunggulan Atap Baja Ringan Sebagai Rangka Atap Rumah – Sejak dulu masyarakat mengenal kayu sebagai material bangunan, terutama untuk tiang dan konstruksi atap rumah. Tapi, seiring berjalannya waktu, telah dikembangkan beberapa bahan yang lebih unggul dibandingkan kayu, salah satunya adalah baja ringan. Penggunaannya sebagai rangka atap memang belum lama dan hanya digunakan oleh beberapa developer saja. Namun jangan salah, keunggulan atap baja ringan bisa dua kali lebih besar dibanding atap kayu, lho.

8 Keunggulan Atap Baja Ringan

 

Bobot lebih ringan daripada kayu, sehingga beban yang disokong struktur bangunan bawahnya tidak terlalu berat. Selain itu, dengan keunggulan atap baja ringan pengerjaannya jadi lebih mudah dan keamanan pekerja pun terjamin.
Mempercepat waktu atau durasi pengerjaan bangunan, dengan penggunaan baja ringan siap pasang sebagai rangka atap bangunan. Contohnya, dalam waktu satu minggu pekerja bisa menyelesaikan proyek rumah dengan tipe 36. Pemasangan atap baja ringan sendiri sebenarnya praktis dan cepat, sebab sudah dilengkapi pengunci khusus serta ditangani oleh professional.
Atap baja ringan menghemat biaya, sebab tidak mudah lapuk dan biaya perawatannya murah. Selain itu, waktu pengerjaan bangunan yang sangat singkat juga menekan banyak biaya, khususnya untuk tukang bangunan.
Struktur atau material baja ringan bisa menyesuaikan keadaan geografis tempat Anda tinggal. Misalnya Anda akan membangun rumah di pinggir pantai, maka baja ringan yang digunakan harus dilapisi bahan tertentu agar sesuai dengan kontur pantai tersebut. Bahan lapisan yang digunakan tidak boleh gampang berkarat.
Baja ringan sangat awet, tidak dimakan rayap, tidak mudah berkarat, bocor maupun retak. Keunggulan atap baja ringan yang berikut ini sangat dibutuhkan semua orang, namun tidak ditemukan pada rangka dari kayu. Apalagi sekarang sudah hampir tidak ada yang menjual kayu dengan kualitas baik. Dengan penggunaan baja ringan sebagai rangka atap, secara tidak langsung Anda telah menghemat banyak biaya. Karena kerusakan-kerusakan yang ada bisa diminimalisir atau bahkan tidak ada.
Penggunaan atap baja ringan dapat menjaga kelestarian lingkungan, mengingat hutan di negara kita sudah tidak hijau dan lebat seperti dulu akibat penebangan dan pembakaran liar. Dengan memanfaatkan keunggulan atap baja ringan, Anda sama saja tidak memperparah kerusakan lingkungan yang sudah ada, bukan?
Cocok untuk bangunan di daerah yang rawan longsor. Banyak orang yang terpaksa membuat bangunan di lahan rawan longsor karena minimnya lahan beriringan yang disertai mahalnya biaya lahan tersebut. Solusi yang tepat untuk pembangunan rumah di area longsor adalah atap baja ringan. Baja ringan memiliki berat kurang lebih 6 kg/m2, terbilang ringan jika dibandingkan bahan lainnya. Kami sarankan untuk menggunakan dinding gravitasi yang dari pasangan batu kali untuk menahan dinding tanah supaya tidak longsor (untuk ketinggian di bawah 4 meter). Atau dinding penahan tanah dari beton bertulang (kartilevert) untuk dinding setinggi 6-7 meter.
Keunggulan atap baja ringan lainnya, stabil terhadap tekuk serta puntir, nilai muai dan susutnya kecil, tahan terhadap kelembaban dan perubahan cuaca dan bersifat non-combustible (tidak mudah membesarkan api ketika terjadi kebakaran).

Kualitas rangka atap baja ringan dipengaruhi oleh lokasi. Di daerah normal, umumnya baja ringan dapat bertahan sampai puluhan tahun, sedangkan di daerah pantai hanya belasan tahun. Hal itu dikarenakan hawa air laut korosif. Walaupun demikian, keunggulan atap baja ringan sebagai pengganti kayu harus tetap dipilih. Masa Anda tega menebangi hutan untuk membangun rumah terus?

Tukang Atap Baja Ringan

Jasa pemasangan Atap Baja Ringan

Kontak

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *